BAB I
PENDAHILUAN
1.1 Latar Belakang
sebagian besar tanggung jawab dalam menerapkan standar penilaian terletak pada tangan guru yang menjadi pelaksana digaris depan. Oleh karena itu, guru perlu memahami dengan baik standar yang ada, memahami pentingnya penilaian yang berkelanjutan, dan perlu mengetahui posisi strategis mereka, sehingga guru mampu meningkatkan praktik penilaian dalam kelas, merencanakan kurikulum, mengembangkan potensi diri siswa, laporan kemajuan dan perkembangan siswa, dan memahami cara pengajaran mereka sendiri.
Kegiatan penilaian saat ini terlihat sangat pesat, namun tidak semua guru atau pangajar mengetahui hakikat penilaian, tujuan penilaian, komponen penilaian, prinsip-prinsip itu sendiri. Pada bab pembahasan akan di uraikan dan di kupas satu persatu apa saja yang berkaitan dengan penilaian. Sering kita tidak dapat membedakan istilah penilaian, evaluasi dan pengukuran. Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Sedangkan evalusi kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, bagaimana efisiensi pelaksanaannya. Dan pengukuran adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan yang menggambarkan pencapaian karakteristik tertentu pada diri siswa. Bagi seorang guru penting sekali untuk mengetahui apa tujuan, fungsi, dan bagaiman proses menilai itu. Maka dari itu maklah ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui apa saja yang berkaitan dengan penilaian dan bagaiman proses dalam menilai.
0 Response to "Evaluasi Penilaian"
Posting Komentar