Kirim Email dengan File Attachment Hingga 10 GB di GMail 2 share

blogger templates
GMail telah meningkatkan kapasitas penyimpanan emailnya hingga 10 GB (terus akan bertambah) bersamaan dengan rilisnya Google Drive. Kini pengguna juga bisa ber-kirim email dengan file attachment hingga 10 GB di GMail menggunakan fitur “Insert File using Drive”.

Fitur kirim email dengan file attachment hingga 10 GB di GMail ini merupakan lompatan besar, mengingat sebelumnya hanya di izinkan untuk mengirimkan attachment hingga maksimal 25 MB saja. Berarti peningkatannya mencapai 400 kali lipat! Karena menggunakan fasilitas dari Google Drive, maka file yang hendak dikirimkan, sebelumnya telah di upload ke Google Drive. Anda juga bisa membaca postingan ShiroGadget tentang Tahapan Aktivasi Google Drive disini.
Cara kirim email dengan file attachment hingga 10 GB di GMail dibantu dengan dengan menu baru, ”Insert File using Drive”, yang icon-nya bisa ditemukan di sebelah icon attachment (paperclip). Jika di akun GMail Anda belum tersedia icon Google Drive tersebut, mungkin Anda perlu sedikit bersabar karena Google perlu waktu untuk menambahkan fitur baru tersebut ke seluruh pengguna GMail di seluruh dunia.
Ada pengaturan khusus saat Anda putuskan untuk kirim email dengan file attachment hingga 10 GB di GMail, yaitu Anda perlu mengatur setting permissionnya juga sehingga penerima file tersebut bisa membukanya. Permission ini merupakan pengaturan yang diberlakukan bagi pengguna yang menyimpan file di Google Drive saat hendak membagi file tersebut ke orang lain melalui email atau membaginya secara terbuka (public) dengan mencantumkan link download di website atau blog.
Google Drive saat ini  hanya memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis kepada setiap pengguna. Jadi jika memang Anda ingin kirim email dengan file attachment hingga 10 GB di GMail, Anda perlu menambah kapasitas penyimpanan akun Google Drive milik Anda. Dengan membayar USD $2.5 (sekitar 25 ribu rupiah) per bulan, Anda akan diberi kapasitas penyimpanan hingga 25 GB. Atau menggunakan Chromebook yang sudah diberi kapasitas 100GB gratis untuk 2 tahun.
Ada alternatif lain untuk kirim email dengan file attachment yang berukuran besar, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas cloud storage sejenis dengan Google Drive seperti SkyDrive milik Microsoft (free hingga 25 GB), atau Box.com (free 50 GB jika aktivasi menggunakan Android), atau DropBox.com. Anda tinggal cantumkan hyperlink file di dalam email, dimana file tersebut sebelumnya sudah di upload ke layanan cloud storage.

0 Response to "Kirim Email dengan File Attachment Hingga 10 GB di GMail 2 share"

Posting Komentar