Proposal KKN-PPM UGM - UMBULHARJO

blogger templates


Deskripsi Kegiatan
 
A. Judul

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Desa Umbulharjo menjadi Individu yang Berdikari

B. Lokasi

 Dusun Gambretan, Dusun Karang-Geneng dan Dusun Plasarejo di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

C. Bidang Kegiatan Program KKN PPM  

 

Peningkatan Kesehatan Masyarakat


D.   Latar Belakang


            Desa Umbulharjo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa ini terdiri dari 9 dusun, dengan potensi ekonomi tersebar dalam 3 bagian yakni pembudidayaan jamur, industri pengolahan batu, serta peternakan sapi perah dengan komoditas utamanya yakni susu sapi perah. Di desa ini juga terdapat berbagai tempat yang cukup berpotensi dijadikan sebagai obyek wisata, yakni Dusun Wisata Pentingsari serta Golf Merapi dan Cangkringan Villa & Spa, yang mana dibuat dengan sasaran wisatawan asing yang berwisata di Kaliurang, khususnya di wilayah Kaliadem, yang letaknya hanya beberapa kilo meter dari Desa Umbulharjo ini sendiri.
            Walaupun desa ini dapat dikatakan sebagai sebuah desa yang berpotensi menjadi sebuah desa wisata, tidak berarti penduduk yang tinggal di desa ini dapat meraup keuntungan yang besar dari situasi ini. Sebagian besar penduduk di desa ini memperoleh pendapatannya dari Kaliadem, baik dari hal jual-beli makanan maupun minuman, hotel maupun guest house serta dari penjualan susu sapi hasil peternakan sapi perah yang terletak di desa tersebut. Tetapi karena usaha tersebut rata-rata membutuhkan dana yang besar, tidak jarang pula beberapa penduduk akhirnya mencoba usaha lainnya seperti pembudidayaan jamur, yang banyak dilakukan karena mencontoh dari warga lain yang sudah berhasil. Sayangnya hal tersebut tidak diikuti oleh ketidaksiapan individunya yang rata-rata menyebabkan banyaknya usaha kecil yang jatuh, sehingga rata-rata di desa tersebut memiliki usaha yang seragam namun dalam skala rumah tangga.




0 Response to "Proposal KKN-PPM UGM - UMBULHARJO"

Posting Komentar