Proposal Seminar Internasional Pendidikan

blogger templates


PROPOSAL
I. LATAR BELAKANG

Guru adalah pendidik yang professional (UU No. 14 thn 2005 pasal 1) guru memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang keguruan sehingga harus mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai seorang guru dengan kemampuan maksimal, mengakui dan sadar akan profesinya serta mengkomunikasikan usaha pengembangan profesi dan bekerjasama dengan profesi lain.

Profesionalitas guru merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi tuntutan pembelajaran, karena tuntutan guru yang harus bisa merefleksikan suatu kebutuhan yang semakin kompleks dari siswa, tidak sekedar kemampuan guru menguasai materi pembelajaran tetapi kemampuan lain yang bersifat psikis, strategis dan produktif. Selain melalui jenjang pendidikan formal, untuk meningkatkan profesionalitas,  guru seharusnya tergabung dalam organisasi profesi guru.

Organisasi profesi guru adalah perkumpulan yang berbadan hukum yang didirikan dan diurus oleh guru untuk mengembangkan profesionalitas guru (Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Fungsi organisasi profesi guru adalah membela hak-hak anggota serta meningkatkan kesejahteraan guru dan keluarganya dengan memberikan perlindungan, pembelaan dan pendidikan yang berkualitas. hal ini terwujud jika organisasi profesi guru tersebut kuat dan mandiri. Kekuatan sebuah organisasi tidak hanya dilihat dari banyaknya anggota tetapi juga harus dilihat dari managemen organisasi yang memiliki kemampuan dan kemandirian financial.

Tergabungnya guru dalam organisasi profesi, diharapkan guru akan semakin sadar akan hak dan kewajibannya. karena sampai saat ini masih banyak guru yang belum mengerti akan hak dan kewajibannya, ini terbukti dengan banyaknya guru yang belum mengetahui isi undang-undang tentang guru. Selain itu dengan mengikuti organisasi profesi, wawasan guru akan semakin berkembang, sehingga akan semakin banyak informasi yang didapatkan oleh guru yang berguna dalam meningkatkan mutu pembelajaran. tingginya mutu pembelajaran tidak hanya dilihat dari tingginya nilai siswa tetapi juga dari pribadi siswa yang sesuai dengan IMTAK dan perkembangan IPTEK.



0 Response to "Proposal Seminar Internasional Pendidikan"

Posting Komentar