Proposal PTK ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA Karya Habiburrahman Elshirazy

blogger templates


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Karya sastra yang banyak mengungkapkan kejiwaan tokoh-tokohnya dapat ditemui dalam karya-karya yang mengungkapkan unsur-unsur psikologi. Karya-karya psikologi ini selain banyak ditulis oleh pengarang pria yang banyak ditulis oleh pengarang wanita (Sumardjo, 1991 : XXXV).
Psikologi sastra adalah kajian sastra mengungkapkan cipta, rasa dan karya dalam aktivitas karya sastra yang akan dipandang sebagai fenomena psikologi akan menampilkan aspek-aspek kejiwaan melalui tokoh-tokoh jika teks berupa drama ataupun prosa.
Pada hakekatnya sebuah karya adalah replika kehidupan nyata. Hanya saja dalam penyampaiannya, pengarang menggunakan kemasan fiksi dengan gaya yang berbeda-beda dan syarat peran moral bagi kehidupan manusia.
Menurut Iswanto dalam Jabrohim (2003 : 9) ”Karya Sastra Lahir ditengah-tengah masyarakat sebagai hasil imajinasi pengarang serta refleksinya terhadap gejala-gejala sosial disekitarnya, pendapat tersebut mengandung implikasi bahwa karya sastra ceritanya. Meskipun demikian, karya sastra yang diciptakan pengarang kadang-kadang mengandung subjektivitas yang tinggi. Seperti dikemukakan oleh Siswantoro (2005 : 2) berikut ini. Imajinasi yang tertuang dalam karya sastra meski dibalut dalam semangat kreativitas, tidak luput dari selera dan kecenderungan subjektif aspirasi dan opini personal ketika merespon objek diluar dirinya. Serta muatan-muatan khas individualistik yang melekat pada diri penulisannya sehingga ekspresi menyerap realitas kehidupan. Itulah sebabnya didalam sebuah cerita, cerpen atau novel, seorang pengarang seiring mengangkat fenomena yang terjadi dimasyarakat dengan harapan para pembaca dapat mengambil hikmah dari fenomena tersebut.


0 Response to "Proposal PTK ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA Karya Habiburrahman Elshirazy"

Posting Komentar