Proposal PTK AYAT AYAT API KARYA SAPARDO DJOKO DAMONO Sebuah kajian Stilistiuka

blogger templates


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakanag

    Bahasa merupakan sebuah media penting penyampai informasi yang digunakan manusia. Hal itulah yang menjadikan bahasa sebagai bagian hidup di dalam bermasyarakat. Penggunaan bahasa sifatnya arbitrer, maksudnya bebas dalam menggunakannya yang terpenting orang lain dapat menangkap informasi yang disampaikan (adanya kesepakatan). Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bahasa ialah suatu hal yang memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Lewat bahasa, informasi untuk orang lain disampaikan. Maka dari itu dibutuhkan suatu penggayaan didalamnya agar tercipta suatu estetika di dalam bahasa itu sendiri. Kemudahan pemahaman akan tercapai jika dalam pemahaman bahasa yang digunakan untuk menyampaikan informasi tersebut telah mengalami keragaman didalamnya termasuk informasi yang disampaikan melalui karya sastra.
Penelitian ini diberi judul  Ayat-ayat Api karya Sapardo Djoko Damono (sebuah kajian stilistiuka). ada tiga hal yang melatar  belakangi kenapa penulis memilih judul tersebut. Ketiga alasan tersebut, yaitu: (1) dari aspek isi menarik, (2) dalam Ayat-ayat api terdapat gaya bahasa yang sangat menarik untuk dikaji, (3) belum pernah dikaji oleh mahasiswa pada matakuliah Metodologi Penelitian dengan  kajian citraan.
Pertama dari aspek isi menarik, Ayat-ayat Api mempunyai gambaran lebih tepat diposisikan sebagai isyarat. Artinya ada rahasia terdekat yang perlu lebih dahulu disingkap tabirnya sebelum menyingkap tabir rahasia-rahasia lainnya. Ayat-ayat Api  mempunyai gambaran di isyaratkan seperti cerita-cerita dalam kehidupan hari-hari dari kisah pada masa kanak-kanak hingga masa dewasa dengan berbagai peristiwa dan kenangan yang terus membayang. Dari ayat-ayat Api mengajak pembaca mengenang peristiwa-peristiwa yang membuat kita terlena, tersanjung, dan terkejut dalam menjalani jehidupan yang sebentar saja di dunia ini. Pengisyarahan tentang kehidupan dengan berbagai kenagan membuat manusia lebih belajar darinya dan kemudian dapat merasakan betapa manisnya kehidupan bersama orang- orang disekeliling kita yang sealu memberi hiburan dan sesuatu yang bermanfaat bagi kita, darinya kehidupan terasa lebih berarti.




0 Response to "Proposal PTK AYAT AYAT API KARYA SAPARDO DJOKO DAMONO Sebuah kajian Stilistiuka"

Posting Komentar