Proposal PTK Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Menulis Puisi Di SDN Genukwatu 2 Ngoro Jombang, Tahun Ajaran 2009/2010

blogger templates


BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Sastra adalah ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pendidikan, perasaan, ide, semangat dan keyakinan dalam suatu bentuk gambaran kongkrit yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa (Sumoharjo dan Saini, 1991 : 3).
Karya sastra menurut Mangunwijaya dilihat dari penalaran sistematis pada instansi rasional yang terakhir adalah “primer” : mengunkapkan (Das Sains) manusiawi kita dan melekat dalam kehidupan manusia. Secara potensial, setiap orang pada setiap zaman, pada setiap tempat dalam bersastra, entah secara aktif maupun pasif (Taum, 1997 : 9). Oleh karena itu, seni sastra menurut Driyaskara (Taum, 1997 : 9) merupakan sebuah bidang. Kebudayaan manusia yang paling tua yang mendahului cabang-cabang kebudayaan lainnya.
“Surga dan Neraka disuguhkan sebagai cara untuk menyadarkan manusia agar terdorong untuk beriman dan beramal saleh, sehingga tercipta masyarakat unggul-masyarakat yang menjadi wahana, kendaraan, bagi individu-individu yang kembali kepada-Nya, Ilayhi râji’ûn!”
“Hidup ini akan penuh kepedihan dan penderitaan bila kita bersanding dengan para provokator yang sewaktu-waktu menyalakan api. Ini harus kita jauhi. Buat bangsa Indonesia, kita harus kembali kepada ajaran-ajaran luhur yang telah ditaman di negeri ini. Baik itu ajaran yang bersumber pada kitab-kitab suci yang telah diterjemahkan sesuai dengan kondisi negeri ini, maupun yang bersumber dari adapt-istiadat yang ada sebelumnya yang tidak bertentangan dengan agama.”



0 Response to "Proposal PTK Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Menulis Puisi Di SDN Genukwatu 2 Ngoro Jombang, Tahun Ajaran 2009/2010"

Posting Komentar