PROPOSAL SKRIPSI (ANALISIS SURAT)

blogger templates


PROPOSAL BIMBINGAN SKRIPSI
“ANALISIS KESALAHAN PENULISAN SURAT IZIN SISWA KELAS IV SDN PRANCAK III KECAMATAN PASONGSONGAN
KABUPATEN SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2008/2009”



1. Latar Belakang

Hubungan antar masyarakat sangat berkaitan erat dengan informasi dan komunikasi. Dengan adanya komunikasi dan informasi tersebut, masyarakat mampu berinteraksi dengan anggota masyarakat lainnya. Informasi maupun komunikasi tersebut dapat  disampaikan kepada  pihak lain melalui  bahasa  lisan  atau  bahasa  tulis  (Arifin dan Hadi, 2001:229).

                        Berkomunikasi melalui surat, terdapat dua permasalahan pokok yang sering kita temui yaitu, permasalahan kebahasaan dan masalah nonkebahasaan. Masalah kebahasaan mengacu pada pilihan kata, penyusunan kalimat, dasar-dasar komposisi dan makna, baik makna kata maupun makna kalimat. Masalah nonkebahasaan misalnya bentuk surat, etika pengemasan kertas surat, dan penyimpanan sebagai arsip (Sabariyanto, 1998:1).

Ditinjau dari fungsi yang mendasar surat adalah alat untuk menyampaikan informasi atau suatu pernyataan yang tertulis ke pihak lain baik atas nama sendiri, jabatan yang sedang disandang dari suatu instansi, perusahaan atau organisasi. Informasi yang diberikan bisa berupa  laporan, pernyataan-pertanyaan, permintaan dan pemberitahuan (Pratama, 1999:3).




0 Response to "PROPOSAL SKRIPSI (ANALISIS SURAT)"

Posting Komentar