Proposal PTK Kajian Sejarah

blogger templates


I. Pendahuluan
A.          Judul Penelitian :
PEMANFAATAN MEDIA WARAWIRI BERMETODEKAN DALANG WARAWIRI  DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KAJIAN SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP INTERNAT AL-KAUSAR PARUNGKUDA KABUPATEN SUKABUMI
B.           Latar Belakang
Pelajaran Sejarah  merupakan pelajaran yang diberikan pada jenjak pendidikan dasar. Pelajaran sejarah ini mempunyai dua aspek sasaran yang ingin dicapai yaitu pengingatan peristiwa dan pemahaman/pemaknaan dari peristiwa masa lalu tersebut.
Kenyataan dilapangan mata pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan dan dipandang sebelah mata karena tidak penting, tidak diujikan dalam ujian nasional. Sehingga keberadaannya menjadi mata pelajaran yang dianak tirikan oleh siswa/i  itu sendiri
Untuk itulah, peran guru dituntut agar pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang penting dimata siswa.Merubah paradigm bahwa sejarah adalah pelajaran yang merupakan kajian peradaban manusia yang maha penting. Sehingga guru dituntut untuk menciptakan media, metode, teknik dan model yang berkaidah PAIKEM.
Peneliti menyadari bahwa kendala mengajar sejarah adalah media yang kurang. Karena itu peneliti ingin menggunakan media dalam menyampaikan media pembelajaran sejaran. Karena itu, peneliti membuat inovasi media yang kami namakan “ media Warawiri dan metode Dalang Warawiri.
C. Perumusan masalah
Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran sejarah yaitu tidak adanya media yang menjelaskan sejarah lokal tentang kolonialisme. Untuk mengatasi permasalahan diatas dilakukan penggunaan media Warawiri bermetodekan dalang warawiri. Dengan demikian waktu pertemuan dalam pengajaran sangat terbatas, sehingga menyulitkan siswa untuk trampil memahami materi yang disampaikan. Untuk itu perlu dilakukan inovasi – inovasi dalam ppembelajaran, sehingga kemampuan siswa/i  dalam pemahaman materi sejarah lokal dapat meningkat. Inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran yaitu memanfaatkan media dan metode warawiri semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran. Adapun inovasi yang dipilih dalam meningkatkan prestasi atau hasil belajar dalam pelajaran IPS kajian Sejarah. Dengan demikian diharapkan kesulitan siswa/i  dalam menerima serta memahami konsep dan materi  dapat teratasi seefektif dan efisien mungkin.



0 Response to "Proposal PTK Kajian Sejarah"

Posting Komentar