Proposal Organisasi Peningkatan Kinerja Organisasi

blogger templates


PENAWARAN INHOUSE TRAINING DAN SIMULASI
PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI DAN PENYUSUNAN
APPLICATION SUMMARY DENGAN PENDEKATAN MALCOLM
 BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENT
                                               

1.      LATAR BELAKANG

            Dalam rangka membangun BUMN Indonesia yang sehat, profesional dan mempunyai daya saing global, Kantor Menteri Negara BUMN pada bulan Juli 2004 telah Mencanangkan Indonesia Quality Award (IQA) For BUMN yang bertujuan utama untuk meningkatkan secara konsisten, terpadu dan berkelanjutan kualitas dan daya saing BUMN. Sebagai tahap awal upaya pembangunan kinerja efektif BUMN, maka telah disepakati oleh forum pimpinan puncak BUMN pada acara pencanangan Indonesia Quality Award (IQA) For BUMN di atas untuk melakukan audit kinerja di masing-masing BUMN dengan menggunakan pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (MBCFPE) atau sering juga disebut Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA).
            Metode MBNQA adalah sebuah perangkat audit system manajemen yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam 7 (tujuh) kategori penilaian. Model ini diperkenalkan tahun 1987 oleh pemerintah Amerika Serikat untuk meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan berbendera Amerika dengan berlakunya US Public Law100– 107, sekaligus digunakan untuk mengenali perusahaan yang menjadi pemimpin dalam menyediakan nilai dan kualitas yang tinggi pada pelanggan mereka dalam era kompetisi internasional.
Model ini mempunyai 3 elemen dasar:
1.      Pendorong (driver); dalam bentuk pemimpin eksekutif senior yang menentukan arah, menciptakan nilai-nilai, sasaran, harapan, dan sistem, dan mendorong kesempurnaan kinerja bisnis dan pemenuhan kebutuhan pelanggan.
2.      Sistem; sistem terdiri dari set pola proses yang terdefinisi dan terencana baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan perusahaan dan kinerja keseluruhan.
3.      Sasaran; arah dasar kepemimpinan dan kegunaan sistem ada 2 lapis:
a.       Kinerja pelanggan dan pasar
artinya pengiriman nilai yang telah diperbaiki pada pelanggan, tingkatan tinggi kepuasan pelanggan dan posisi kompetitif yang kuat.
b.      Kinerja bisnis
      dicerminkan dalam bermacam hasil finansial dan non-finansial, termasuk pengembangan     sumber daya manusia dan tanggung-jawab perusahaan.



0 Response to "Proposal Organisasi Peningkatan Kinerja Organisasi"

Posting Komentar