Proposal Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Merah Itu Cinta Karya Nova Riyanti Yusuf

blogger templates


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
 Karya sastra yang banyak mengungkapkan kejiwaan tokoh-tokohnya dapat di temui dalam karya-karya yang mengungkapkan unsur-unsur psikologi.Karya-karya psikologi ini selain banyak di tulis oleh pengarang pria juga banyak di tulis oleh pengarang wanita.(Sumardjo,1991:XXXV)
Psikologi sastra adalah kajian sastra yang memandang karya sebagai aktivitas kejiwaan.Pengarang akan menggunakan cipta,rasa,dan karya dalam berkarya.Karya sastra yang akan di pandang sebagai fenomena psikologi akan menampilkan aspek-aspek kejiwaan melalui tokoh-tokoh jika teks berupa drama ataupun prosa.
Menurut Semi (1993:79) bahwa pendekatan psikologis menekankan analisis tarhadap karya sastra dari segi intrinsic,khususnya pada penokohan atau perwatakannya.Penekanan ini di pentingkan , sebab tokoh ceritalah yang banyak mengalami gejala kejiwaan.
Jatman(1985:165) berpendapat bahwa karya sastra dan psikologi memang memiliki pertautan yang erat ,secara tak langsung dan fungsional.Pertautan tak langsung ,karena baik sastra maupun psikologi memiliki objek yang sama yaitu kehidupan manusia. Psikologi dan sastra memiliki objek yang sama yaitu kehidupan manusia.Psikologi dan sastra memilkiki hubungan fungsiomnal karena sama-sama untuk mempelajari keadaan kejiwaan orang lain,bedanya dalam psikologi gejala tersebut riil,sedangkan dalam sastra bersifat imajinatif.
Novel Merah itu Cinta tersebut sangatlah sesuai jika di tinjau dari segi psikologis,sebab berkenaan dengan aspek kejiwaan yang di alami oleh tokoh dalam novel tersebut.
Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan analisis pada novel “Merah itu Cinta”yang di hubungkan dengan psikologis tokoh. Alasan peneliti memilih novel “Merah itu Cinta” untuk di analisis yaitu untuk mengetahui gejala-gejala kejiwaan yang di gambarkan penulis dalam tokoh-tokoh novel “ Merah itu Cinta”.






0 Response to "Proposal Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Merah Itu Cinta Karya Nova Riyanti Yusuf"

Posting Komentar