Proposal Konferensi

blogger templates

Kerangka Acuan Agenda ”KONFERENSI XVIII Dan SEMINAR” IPNU-IPPNU Cabang Tuban
Sekretariat Jl. Diponegoro No. 17 Tuban Hp. 085232377399
 


Ø  Latar Belakang
Pelajar dan santri merupakan sentral dalam menggerakan segala aktifitas dalam upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berorientasi untuk mengembangkan dan mencerdaskan pemuda, dalam hal ini adalah pemuda sebagai pelopor bangsa yang sangat diutamakan pada generasi mendatang. Akan tetapi pemuda Indonesia sampai hari ini belum mampu untuk meneruskan cita-cita bangsa yang sangat mulia itu. Melihat realitas yang demikian itu maka dalam hal ini kemudian, IPNU-IPPNU yang notabene sebagai wahana pembelajaran atau pengkaderan ditingkatan bawah (ranting) sampai pada tingkatan atas (pusat). Untuk mendidik dan memberikan peluang penuh bagi pemuda dalam meneruskan cita-cita bangsa dimana pemuda sebagai tongak perjuagan bangsa Indonesia yang sangat mulia, IPNU-IPPNU sebagai media untuk menimba berbagai ilmu dan pengalaman.

Dewasa ini sering kita lihat pada tataran konteks, bahwa pemuda masih bisa terperangkap untuk mengunakan obat-obatan terlarang, hal ini kemudian kecenderungan pemuda untuk melakukan aktifitas yang sangat terpuruk sehingga pemuda mengalami cacat dalam berpikir berjuta-juta kerusakan pada sel otak yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan terlarang missal, narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya. Pemerintah berupaya agar bangsa Indonesia terbesbas dengan narkotika dan obat-obatan yang dilarang oleh Negara. Peran aktif pemerintah untuk mewujudkan Indonesia tanpa narkotika ini tidak lepas dari jalinan-jalinan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang non pemerintahan, supaya bisa terjun secara langsung pada masyarakat. IPNU-IPPNU yang memiliki lembaga pengkaderan ini salah satunya peran yang sangat penting untuk melakukan perubahan dimuka bumi khususnya bumi Indonesia.

Didalam pengawalan dan peran kita sebagai pelajar tidak diabaikan akan tetapi peran IPNU-IPPNU tidak mudah putus asa semangat kita untuk menjalankan roda organisasi pengkaderan akan selalu membimbing bagaimana pemuda bergerak pada ranah pendidikan dan pencerahan untuk masyarakat, yang dalam hal ini adalah khusus pemuda dan santri. IPNU-IPPNU sebagai badan otonom dari Nahdlatul Ulama ini sangat diperhitungkan dari sisi intelektualitasnya. Untuk itu pelajar hari ini kita dihadapkan dengan problem-problem global dalam hal ini seminar nantinya bisa membawa dampak perubahan untuk memberikan solosi bagaimana menangulangi masalah-masalah yang ada pada masyarakat sekitar kita.

Peran pelajar dalam menghadapi Era Globalisasi yang terpenting untuk dikedepankan adalah bagaimana menata system pengetahuan, system pendidikan dan system arah kebijakan pemerintah dan mengupayakan untuk meningkatkan sumberdaya manusia. Problem social, budaya, ekomomi, politik ini sangat terpengaruh bagai pelajar dan santri kalau hal yang sangat urgen ini kemudian kita abaikan, pengaruh arus politik yang menjadi sasaran adalah pemuda yang memiliki basis banyak dan jelas, nah ini dengan sangat mudahnya orang-orang yang memiliki kepentingan kearah berpolitik akan mempengaruhi pemuda yang berbasis intelektualitas tinggi.



0 Response to "Proposal Konferensi"

Posting Komentar